www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perda Perumda Sebuku Enegri Malaqbi Disahkan, Majene Bakal ...

Posted by On 6:25 AM

Perda Perumda Sebuku Enegri Malaqbi Disahkan, Majene Bakal ...

Perda Perumda Sebuku Enegri Malaqbi Disahkan, Majene Bakal Keciprat Segini

Akan mengelola pembagian Perticipating Interest (PI) Blok Sebuku, antara Sulbar-Kalsel.

Perda Perumda Sebuku Enegri Malaqbi Disahkan, Majene Bakal Keciprat SeginiHANDOVERDPRD Sulbar akhirnya menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PT Sebuku Energi Malaqbi, yang akan mengelola pembagian Perticipating Interest (PI) Blok Sebuku, antara Sulbar-Kalsel.

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulbar, akhirnya menetapkan Peraturan Daerah (Perda) Pendirian Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PT Sebuku Energi Malaqbi, yang akan mengelola pembagian Perticipating Interest (PI) Blok Sebuku, antara Sulbar-Kalsel.

Sulbar mendapatkan PI sebesar 5 persen dari hasil pembagian dengan Kalimantan Selatan, Di mana berdasarkan PI awal sebesar 10 persen dari pengelolaan Blok Sebuku yang masuk dalam wilayah Kabupaten Majene. Selanjutnya PI sebesar 5 persen akan dibagi kembali dengan beberapa kabupaten di Sulbar.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, yang ditemui belum lama ini, mewacanakan akan menbagi PI tersebut dengan aturan 3% untuk Pemprov Sulbar, 1% untuk Kabupaten Majene, dan 1% akan dibagi kepada 5 kabupaten lainnya di Sulbar.

Menanggapi hal, Sukri Umar, selaku Ketua Panitia Khusus (Pansus) Pendirian Perumda PT Sebuku Energi Malaqbi menegaskan, gubernur keliru jika ingin menggunakan wacana model tersebut dalam hal pembagian PI tersebut.

"Jelas gubernur keliru kalau mau seperti itu, Yang ada itu kita 50 persen 50 persen dengan Majene . Kemudian bagian pemprov itulah yang bisa kita bagi dengan kabupaten penyangga lainnya,"kata Sukri Umar, usai paripurna penetapan Perda, Rabu (30/5/2018).

Sukri menuturkan, sebenarnya Pansus menginginkan pembagian seperti halnya wacana Gubernur Sulbar. Banyak dari anggota Pansus yang menginginkan pembagian secara prorata keseluruh daerah yang ada di Sulbar ini. Namun hal tersebut tidak bisa dilakukan, sebab sudah ada Diktum yang mengatur.

"Setelah mencermati, ternyata ini keputusan politik yang diambil oleh Pemerintah Pusat. Dimana waktu itu Wakil Presiden melakukan MoU, dari salah satu hasil notulensi dalam MoU itu tercatat jelas ada Diktum, dimana bagiannya Sulbar itu dibagi dua (50:50) dengan dengan Majene, intinya begitu tidak bisa kita berasumsi lain," jelas legislator Demokrat tersebut.

Sukri menjelaskan, pihak Pansus sudah mengkonsultasikan hal tersebut ke banyak pihak, seperti SKK Migas, Kementrian ESDM. Bahkan, kata dia, SKK Migas akan m enolak Ranperda ini jika tidak sesuai dengan Diktum.

"SKK Migas yang menegaskan itu, bukan maunya kami atau pak Gubernur. Jika berdasarkan dari Diktum tersebut sudah menjadi rejeki Kabupaten Majene, dan sudah menjadi persyaratan jika Sulbar menginginkan PI tersebut,"kata dia.

"Jadi ya sudahlan, itu sudah menjadi rejekinya Kabupaten Majene, mereka sudah dapat, tinggal bagian yang didapat oleh Sulbar ini akan dibagi ke kebupaten penyangga lainnya di Sulbar, bentuknya seperti apa, itulah yang akan dibicarakan oleh pihak eksekutif dengan legislatif,"lanjutnya.

Sukri kembali menegaskan pembagian PI dari pengelolaan Blok Sebuku dan West Sebuku tidak bisa ditafsir lagi. Sebab, itu sudah menjadi persyaratkan oleh SKK Migas dengan Kementerian ESDM.

Meski demimikian, ujar Sukri, belum ada nilai yang ditentukan dalam PI tersebut, sebab akan ditentukan berdasarkan hasil produksi yang naik. "Hanya diperkirakan rata-rata tiga triliun untuk Sulb ar. Nah, itulah yang akan dibagi dengan Majene,"jelasnya. (*)

Penulis: Nurhadi Editor: Suryana Anas Ikuti kami di Dibunuh di Gereja dan Ditemukan Bercak Sperma, Begini Cara Pendeta Henderson Bunuh Anak Angkatnya Sumber: Google News | Liputan 24 Majene

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »